Cara Menghemat Bahan Bakar – Panduan Utama

 


duniagamekuh - Untuk membantu pengemudi menghemat uang, bersama dengan Energy Saving Trust , kami telah menyusun panduan utama untuk mengemudi yang ekonomis. Kadang-kadang dikenal sebagai 'hypermiling' atau eco-driving, ini akan membantu Anda meningkatkan angka mil per galon (mpg) yang sangat penting.

baca :  Kesalahan Umum Memperlambat Ponsel Android Anda (Dan Apa yang Harus Dilakukan Sebagai gantinya)

Meskipun kecepatan Anda mengemudi bisa dibilang merupakan faktor paling berpengaruh yang memengaruhi konsumsi bahan bakar, ada sejumlah cara lain untuk mengubah kebiasaan mengemudi Anda yang akan berdampak signifikan pada uang yang Anda keluarkan di SPBU.

1. Pastikan Anda merawat kendaraan Anda

Perawatan dan servis rutin meningkatkan efisiensi kendaraan Anda, dan karenanya dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar Anda.

Sangat penting untuk memastikan ban Anda dipompa ke tekanan yang benar seperti yang ditunjukkan dalam manual pemilik Anda karena ban yang kurang angin dan terlalu tinggi keduanya mempengaruhi penghematan bahan bakar. Tekanan ban akan bervariasi tergantung pada beban yang Anda bawa: jika Anda memiliki empat penumpang dan barang bawaan, maka ban Anda perlu dipompa ke tekanan maksimum yang disarankan.

Di bawah ini adalah video singkat tentang pemeriksaan pemeliharaan penting yang harus Anda lakukan secara teratur. 

2. Kaki kanan yang lembut: gigi setinggi mungkin dalam batas kecepatan

Kecepatan yang berlebihan adalah faktor boros bahan bakar terbesar sehingga memiliki kaki kanan yang ringan dan memastikan semua akselerasi dengan lembut sangat penting untuk berkendara yang hemat bahan bakar.

Tentu saja Anda akan selalu harus mempercepat beberapa kali dalam perjalanan, tetapi itu tidak berarti Anda harus menarik diri seperti Anda berada di garis start di Silverstone!

Mungkin rahasia terbesar untuk mencapai mpg tinggi adalah mengemudi di gigi setinggi mungkin untuk kendaraan Anda sambil tetap dalam batas kecepatan. Saran terbaik di daerah perkotaan adalah mengganti persneling secepat mungkin dengan putaran serendah mungkin, mungkin sekitar 2000rpm. Ingat: semakin cepat mesin berputar, semakin banyak bahan bakar yang digunakan.

Kecepatan ekonomi bahan bakar optimal ini akan berbeda untuk setiap mobil, tetapi ketika RAC menyelesaikan  Record Road Trip  di Audi A6 ultra, kecepatan ekonomi bahan bakar optimal mobil tertentu adalah 52mph pada gigi ketujuh di flat.

baca : Tips Untuk Membantu Anda Memilih Makanan Kucing Terbaik

Meskipun ada kecepatan yang ideal, kondisi jalan dan kemiringan tidak sering memungkinkan Anda untuk melakukan kecepatan itu sehingga Anda harus berimprovisasi dan belajar menyesuaikan mengemudi Anda sesuai dengan jalan di depan, teknik yang sering disebut sebagai hypermiling.

Secara umum, tidak ada satu kecepatan mengemudi yang optimal untuk penghematan bahan bakar.

Selama bertahun-tahun kecepatan 56mph sering dibicarakan sebagai kecepatan optimal. Ini karena uji konsumsi bahan bakar lama yang dijalankan pada tiga kecepatan: perkotaan, 56mph dan 75mph – dan 56mph selalu, tidak mengejutkan, yang paling efisien. Biasanya, mobil paling efisien pada 45-50mph. 

Selain penghematan bahan bakar yang berbeda dari satu kendaraan ke kendaraan lainnya, hal itu juga tergantung pada sejumlah faktor lain seperti tekanan ban, keberadaan rak atap, dan gaya mengemudi – semuanya tercakup dalam panduan ini.

3. Antisipasi: cobalah untuk tidak kehilangan momentum

Sejalan dengan poin di atas, menjaga mobil tetap bergerak pada kecepatan yang tepat sangat penting untuk penghematan bahan bakar. Jelas, ini tergantung pada kondisi lalu lintas dan apa yang terjadi di jalan di depan, tetapi memperlambat dan harus berakselerasi lagi secara alami menggunakan lebih banyak bahan bakar.

Saran terbaik adalah mengemudi semulus mungkin, dengan lembut menggunakan kemudi, pedal gas, dan rem. Saat melambat, penting untuk tetap berada di persneling karena sakelar pemutus bahan bakar di mesin injeksi bahan bakar kemudian diaktifkan, yang berarti hampir tidak ada bahan bakar yang digunakan saat pengereman.

Cobalah untuk mengantisipasi apa yang akan terjadi di depan Anda dengan melihat jauh ke depan. Dengan cara ini Anda akan melihat lampu lalu lintas menyala merah yang berarti Anda dapat mengurangi pedal gas atau melambat secara alami dan berpotensi terus bergerak alih-alih berhenti.

Mengemudi ke atas bukit menghancurkan penghematan bahan bakar. Saat Anda melihat sebuah bukit datang, cobalah untuk mempercepat sedikit sebelum Anda mencapainya, lalu turunkan perlahan saat Anda berkendara. Momentum ekstra harus cukup untuk meminimalkan konsumsi bahan bakar tambahan.

4. Apakah cruise control menggunakan lebih banyak bahan bakar?

Kontrol jelajah  hanya membantu penghematan bahan bakar saat berkendara di permukaan datar yang konstan, oleh karena itu mengapa kontrol jelajah biasanya paling baik digunakan untuk mengemudi di jalan raya.

Salah satu kunci untuk menghemat bahan bakar adalah mengemudi dengan kecepatan konstan, cruise control dapat melakukannya secara efektif di permukaan datar, membuat mengemudi Anda sehemat mungkin dengan meniadakan akselerasi yang tidak perlu.

Namun, jika Anda menggunakan cruise control secara teratur, bukan di jalan datar, Anda akan menghadapi masalah yang akan meningkatkan konsumsi bahan bakar Anda.

Ini karena cruise control Anda akan lebih lambat bereaksi terhadap perubahan gradien, yang berarti saat mencapai puncak bukit – di titik mana Anda biasanya akan melepaskan kaki dari pedal gas untuk mempertahankan kecepatan yang lebih konstan saat menurun – cruise control Anda akan nyalakan daya sedikit lebih lama karena tidak dapat melihat perubahan gradien di depan Anda. Mengemudi dengan cara ini secara teratur akan menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih buruk.

Menariknya, jalan paling hemat bahan bakar di negara ini bukanlah jalan raya ganda di luar perkotaan yang sepi atau jalan kota dengan kecepatan 20mph, melainkan jalan raya. Di sinilah Anda dapat meninggalkan mobil di gigi atas dan meluncur dengan lembut, menggunakan bahan bakar minimal.

baca juga tentang : TIPS MEMILIH JAKET MUSIM DINGIN

5. Jangan diseret ke bawah

Jangan biarkan roof bar dan roof box Anda dalam keadaan menyala karena mereka menciptakan hambatan angin dan menyebabkan mobil Anda menggunakan lebih banyak bahan bakar melalui efek 'drag'. Ini meningkat semakin cepat Anda mengemudi.

Menurut Energy Saving Trust , rak atap yang kosong menambah hambatan 16% saat mengemudi dengan kecepatan 75mph. Pada kecepatan yang sama, kotak atap menambahkan 39%, membuat kendaraan Anda jauh lebih hemat bahan bakar. 

Bahkan bendera kecil yang dapat Anda tempelkan ke kendaraan Anda untuk menunjukkan dukungan kepada tim sepak bola Anda selama piala dunia dapat mengurangi mpg Anda!

Mengemudi dengan jendela terbuka juga memiliki efek serupa.

Posting Komentar untuk "Cara Menghemat Bahan Bakar – Panduan Utama"